Sabtu, 03 Agustus 2013

Tabungan Bank

Assalamualaikum!

Memang telat buat ngucapinnya, telat kali bahkan. Tetapi sebelumnya saya ingin mengucapkan: Selamat Menjalankan Ibadah Puasa!

Bulan Ramadan ini saya dapat sesuatu yang baru. Baju baru? Bukan. Sepatu baru? Bukan. Mobil baru? Nyupir aja belum mampu. Yang saya dapat adalah tabungan baru, milik saya sendiri. Sebenarnya saya udah punya tabungan sejak kelas 2 SD. Jadi, waktu itu ada acara 17 Agustus-an di SD, terus saya naik ke panggung untuk alasan yang saya udah lupa. Pas turun dikasih hadiahnya tabungan sebesar Rp 50.000,- dari Bank Syariah Mandiri. Setelah itu, saya yang saat itu imutnya sedang pada tingkat maksimum relatif (sekarang pun masih pada tingkatan demikian) pergi ke bank untuk mengurus tabungan. Pulangnya saya bawa buku tabungan atas nama: Luthfan Anshar Lubis. Tapi ada tambahan nama lagi, di belakang Lubis- nya ditambahin “QQ Dolores Anastasia Pulungan

Anak kelas 2 SD yang belum punya KTP belum bisa punya tabungan sendiri, jadi begitulah tabungan saya selama sebelas tahun, sampai tamat SMA. Tabungannya sendiri udah banyak jasanya. Setelah nabung selama SD, saya akhirnya bisa beli PSP sendiri waktu masuk SMP. Pakai tabungan ini juga saya kesampaian beli handphone sendiri sampai beli XBOX360. Terima kasihlah pokoknya tabungan!

Jadi, karena sekarang udah mau masuk kuliah, dan kuliahnya jauh dari orang tua, saya jelas butuh tabungan sendiri. Ditambah lagi karena udah punya KTP, yah saya udah bisa bikin tabungannya sendiri, gak pakai embel-embel “QQ” lagi di belakangnya. Kurang lebih dua minggu lalu, tabungannya selesai, dengan saldo yang memrihatinkan.

Selama pengurusan tabungan ini saya sempat berkomunikasi dengan dua orang customer service BSM yang mbak-mbak. Pertama kali saya jumpa mbak customer service buat pembukaan tabungan. Waktu itu saya buka tabungannya di cabang bank yang ukurannya kecil, gak ada antriannya. Jadi, setelah masuk saya langsung dilayanin. Kalau sama mbak-mbak BSM itu agak beda, pas udah sampai di kursi, mbak itu langsung bilang,

“Assalamualaikum. Ada yang bisa saya bantu?”

Salamnya saya jawab. Terus saya dikasih formulir ini, formulir itu, tanda tangan di sini, tanda tangan di situ, jadilah tabungannya. Lancar-lancar aja sama mbak itu, gak ada canggungnya. Tapi beda lagi waktu saya jumpa sama mbak customer service yang kedua buat pengurusan PIN ATM.

Cabang bank yang saya datangin buat ngurus PIN itu beda dengan yang saya datangin buat buka tabungan. Cabang yang ini ada antriannya, pakai nomor antrian yang dicetak itu. Saya masuk, ngomong sama satpam, terus dikasih nomor antrian customer service. Syukurnya antriannya cuma satu orang. Jadi gak lama kemudian saya udah disilahkan ke meja customer service-nya. Sama kayak mbak customer service yang pertama, mbak itu langsung bilang,

“Assalamualaikum. Ada yang bisa saya bantu?” tapi ditambahi mbak itu dengan ngenalin namanya, yang saya udah lupa namanya siapa. Sambil ngomong gitu, mbak itu nyilahkan saya duduk.

Setelah duduk, saya langsung ngomong panjang lebar, “Kemarin saya udah urus kartu ATM-nya mbak, tapi waktu itu nomor PIN-nya belum dicetak. Bisa gak ya mbak di sini dicetak? Kemarin saya ngurus kartunya gak di cabang yang ini. Gak apa-apakan mbak?” mungkin kalau saya lanjutin terus bisa jadi, “Mbak, tolong mbak! Tolong urus kartu ATM saya! TOLONG MBAK!”

Mbak customer service itu tenang aja dengarin terus bilang, “Bisa saya minta nomor antriannya dulu?”

Heh? Pikiran saya melayang-layang. Kenapa dia gak minta nomor antriannya dulu sebelum ngenalin diri? Kenapa dia perlu ngenalin diri? Kenapa dia diam aja pas aku ngomong panjang-panjang? Kayak mana kalau saya gak bisa ngasih nomor antriannya? Tapi gitupun, intinya saya malu. Saya kasih nomor antriannya, terus saya tanya lagi,

“Bisa gak ya mbak?”

Eh dia malah nanya nama saya siapa. Akhirnya kartu ATM itu selesai diurus, yang mana sepanjang pengurusan itu saya dipanggil sebagai “Pak Luthfan” sama mbak itu. Kemudian saya bertanya-tanya dari mana mbak itu tahu alamat email saya.

Wassalamualaikum!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar