Assalamualaikum!
Memang
telat buat ngucapinnya, telat kali bahkan. Tetapi sebelumnya saya ingin
mengucapkan: Selamat Menjalankan Ibadah Puasa!
Bulan
Ramadan ini saya dapat sesuatu yang baru. Baju baru? Bukan. Sepatu baru? Bukan.
Mobil baru? Nyupir aja belum mampu. Yang saya dapat adalah tabungan baru, milik
saya sendiri. Sebenarnya saya udah punya tabungan sejak kelas 2 SD. Jadi, waktu
itu ada acara 17 Agustus-an di SD, terus saya naik ke panggung untuk alasan
yang saya udah lupa. Pas turun dikasih hadiahnya tabungan sebesar Rp 50.000,-
dari Bank Syariah Mandiri. Setelah itu, saya yang saat itu imutnya sedang pada
tingkat maksimum relatif (sekarang pun masih pada tingkatan demikian) pergi ke
bank untuk mengurus tabungan. Pulangnya saya bawa buku tabungan atas nama: Luthfan Anshar Lubis. Tapi ada tambahan
nama lagi, di belakang Lubis- nya ditambahin “QQ Dolores Anastasia Pulungan”
Anak
kelas 2 SD yang belum punya KTP belum bisa punya tabungan sendiri, jadi
begitulah tabungan saya selama sebelas tahun, sampai tamat SMA. Tabungannya
sendiri udah banyak jasanya. Setelah nabung selama SD, saya akhirnya bisa beli
PSP sendiri waktu masuk SMP. Pakai tabungan ini juga saya kesampaian beli
handphone sendiri sampai beli XBOX360. Terima kasihlah pokoknya tabungan!
Jadi,
karena sekarang udah mau masuk kuliah, dan kuliahnya jauh dari orang tua, saya
jelas butuh tabungan sendiri. Ditambah lagi karena udah punya KTP, yah saya
udah bisa bikin tabungannya sendiri, gak pakai embel-embel “QQ” lagi di
belakangnya. Kurang lebih dua minggu lalu, tabungannya selesai, dengan saldo
yang memrihatinkan.
Selama
pengurusan tabungan ini saya sempat berkomunikasi dengan dua orang customer
service BSM yang mbak-mbak. Pertama kali saya jumpa mbak customer service buat
pembukaan tabungan. Waktu itu saya buka tabungannya di cabang bank yang
ukurannya kecil, gak ada antriannya. Jadi, setelah masuk saya langsung
dilayanin. Kalau sama mbak-mbak BSM itu agak beda, pas udah sampai di kursi,
mbak itu langsung bilang,
“Assalamualaikum.
Ada yang bisa saya bantu?”
Salamnya
saya jawab. Terus saya dikasih formulir ini, formulir itu, tanda tangan di
sini, tanda tangan di situ, jadilah tabungannya. Lancar-lancar aja sama mbak
itu, gak ada canggungnya. Tapi beda lagi waktu saya jumpa sama mbak customer
service yang kedua buat pengurusan PIN ATM.
Cabang
bank yang saya datangin buat ngurus PIN itu beda dengan yang saya datangin buat
buka tabungan. Cabang yang ini ada antriannya, pakai nomor antrian yang dicetak
itu. Saya masuk, ngomong sama satpam, terus dikasih nomor antrian customer
service. Syukurnya antriannya cuma satu orang. Jadi gak lama kemudian saya udah
disilahkan ke meja customer service-nya. Sama kayak mbak customer service yang
pertama, mbak itu langsung bilang,
“Assalamualaikum.
Ada yang bisa saya bantu?” tapi ditambahi mbak itu dengan ngenalin namanya,
yang saya udah lupa namanya siapa. Sambil ngomong gitu, mbak itu nyilahkan saya
duduk.
Setelah
duduk, saya langsung ngomong panjang lebar, “Kemarin
saya udah urus kartu ATM-nya mbak, tapi waktu itu nomor PIN-nya belum dicetak.
Bisa gak ya mbak di sini dicetak? Kemarin saya ngurus kartunya gak di cabang
yang ini. Gak apa-apakan mbak?” mungkin kalau saya lanjutin terus bisa jadi, “Mbak,
tolong mbak! Tolong urus kartu ATM saya! TOLONG MBAK!”
Mbak
customer service itu tenang aja dengarin terus bilang, “Bisa saya minta nomor
antriannya dulu?”
Heh?
Pikiran saya melayang-layang. Kenapa dia gak minta nomor antriannya dulu
sebelum ngenalin diri? Kenapa dia perlu ngenalin diri? Kenapa dia diam aja pas
aku ngomong panjang-panjang? Kayak mana kalau saya gak bisa ngasih nomor
antriannya? Tapi gitupun, intinya saya malu. Saya kasih nomor antriannya, terus
saya tanya lagi,
“Bisa
gak ya mbak?”
Eh
dia malah nanya nama saya siapa. Akhirnya kartu ATM itu selesai diurus, yang
mana sepanjang pengurusan itu saya dipanggil sebagai “Pak Luthfan” sama mbak
itu. Kemudian saya bertanya-tanya dari mana mbak itu tahu alamat email saya.
Wassalamualaikum!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar