Kamis, 12 Desember 2013

Placement Monbukagakusho

Assalamualaikum!

Posting ini dibuat berdasarkan pengalaman. Buat yang mau apply Beasiswa Monbukagakusho pasti banyak yang ragu gara-gara takut kesasar program studi atau kesasar ke universitas yang gak terkenal. Bukan cuma itu sih, di brosurnya juga gak begitu dijelaskan gimana penentuan program studi sama universitasnya.

Jadi teman-teman yang mau apply, jangan malu-malu buat apply.

Pertama buat program studi (undergraduate/S1). Nanti, kalau udah lewat seleksi tertulis, bakalan ada wawancara di Kedutaan Besar Jepang yang di Jakarta. Sebelum wawancara bakalan disuruh ngisi banyak formulir, salah satunya itu pilihan program studi. Nah, dari situlah ditentukan program studinya. Kalau takut kesasar program studi, yah menurut saya isinya cukup pilihan pertamanya aja. Buat apa juga udah jauh-jauh ke Jepang tapi gak dapat program studi yang sesuai dengan keinginan. Buat tahun keberangkatan 2014, seluruhnya bisa dibilang dapat pilihan pertama untuk program studi.

Buat masalah universitas. Kelebihan dari ikut yang S1 itu ada di sini. Kalau D3 dan D2 itu universitasnya dipilihan, tapi S1 beda. Saya juga baru aja dapat informasinya. Jadi nanti buat grantee S1 bakalan disuruh milih tujuh universitas. Berdasarkan hasil studi di sekolah persiapan selama setahun bisa ditentukan nanti masuk ke universitas mana. Mau masuk Todai? Kenapa nggak.

Wassalamualaikum!

2 komentar:

  1. hai kak luthfan saya anak smansa juga lulusan tahun 2015 pengen dapet beasiswa monbu. boleh bagi line idnya buat tanya lebih lanjut ga kak? makasih ya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh boleh, tapi gak usah lewat line ya.
      Kalo mau tanya tanya langsung aja panjang lebar lewat email, kirim aja ke pak_luthfan@hotmail.com

      Hapus