Jumat, 14 Februari 2014

Monbukagakusho - Pre-Arrival Information


Kurang lebih seminggu yang lalu, ada informasi baru dari kedutaan mengenai penempatan sekolah bahasa untuk tahun pertama. Saya berharapnya sebenarnya dapat Osaka, soalnya biayanya lebih rendah dan bisa kerja part-time. Di pemberitahuan baru itu ternyata saya dapat sekolah bahasanya di Tokyo University of Foreign Studies. TUFS singkatnya.

Nah kemarin saya dapat e-mail langsung dari pihak TUFS-nya. Nanti, mulai April, saya bakalan belajar di Japanese Language Center (JLC) yang ada di TUFS. Di e-mail kemarin itu mereka nyertain dokumen buat diisi, nanyain nama, panggilan, bahasa ibu, kemampuan bahasa Jepang dan sebagainya. Selain dokumen itu juga ada file .pdf penting mengenai JLC. 


Isinya banyak, dari mulai ngasi tahu apa-apa yang harus dibawa (kayak pas foto, paspor), penjemputan di Narita dari pihak JLC, fasilitas kamar, fasilitas kampus, kantin, sampai harga-harga beberapa makanan pokok. Informasinya lengkap sampai gak ada yang perlu dikhawatirin lagi soal berada di sananya. Handbook ini juga ngasi tahu soal pelajaran-pelajaran yang bakalan saya pelajari di sana. Berhubung saya milih IPA A waktu daftar, jadi saya dapatnya Fisika.


Kebanyakan orang belajar Fisika 6/7 tahun (SMP + SMA + tingkat 1 kuliah), saya dapat tambahan 1/2 tahun lagi. *sigh

Pokoknya begitulah perkembangan terbaru dari dunia per-Monbukagakusho-an. Semoga informasi ini dapat membantu teman-teman yang mau ikut program ini.

4 komentar:

  1. Ceritanya keren banget! Post tentang keadaan/pengalaman disana dong hehehe, makasih sebelumnyaaa :)

    BalasHapus
  2. wih.. keren..
    kalo boleh tau, lo jurusan apa di sana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai sekarang sih masih maunya ngambil information engineering/informatics

      Hapus