Kamis, 24 April 2014

Kenapa Monbukagakusho?

Hai kalian yang baca, makasih ya udah baca. Jangan langsung ditutup tab-nya, kali ini informasinya InsyaAllah bagus kok. Sebagai penerima beasiswa Monbukagakusho, saya betul-betul berharap kalau tahun ini juga ada banyak orang yang mau daftar beasiswa Monbukagkusho. Makin banyak yang apply, makin banyak juga nanti yang bisa lulus ke Jepang, kan buat bangga kalau dari Indonesia banyak yang dapat. Kayak tahun ini misalnya. Biasanya penerima beasiswa S1 itu jumlahnya gak lebih dari 10. Tapi tahun ini, untuk S1-nya ada 16 orang di Tokyo dan 12 orang di Osaka. Bukan nyombong sih, pamer aja.

Jadi, kenapa harus ikut beasiswa Monbukagakusho?

Bebas Biaya
Bebas biaya? Biaya pendaftaran? Bukan, gratis kuliah maksudnya. Selama kuliah di sini, biaya kuliahan dan pendidikan di sekolah bahasa (selama satu tahun pertama) bakalan ditanggung sama Kementerian Pendidikan Jepang/Monbukagakusho. Kalo kuliah di Indonesia kan masih dibayarin ayah-ibu, kalau di sini gak perlu ngeberatin orang tua buat mikirin biaya kuliah lagi. Orang tua gak perlu lagi buang-buang tenaga mikirin, "Aduh! Uang kuliah anakku udah harus dibayar bulan depan!" Gak mau apa buat orang tua lebih tenang hidupnya? Mau kan?

Di Jepang
Sebenarnya mau kuliah di mana aja, itu semua tergantung sama orangnya. Tapi, kalau kuliah di Jepang, paling nggak udah terjamin dapat pendidikan yang lebih berkualitas. Universitas di Indonesia masih berupaya jadi world-class university, tapi kalo universitas di sini rata-rata udah world-class.

Berada di Jepang juga jadi kesempatan buat belajar keberagaman budaya dunia. Kalau waktu SMA gak sempat ikut pertukaran pelajar, selama kuliah di sini bisa dapat kesempatan bagus buat berkomunikasi dengan mahasiswa dari berbagai negara. Kayak sekarang aja di TUFS, saya udah jumpa banyak mahasiswa dari Nepal, Mongolia, Thailand, Brazil, Malaysia, India, Bulgaria, Peru dan banyak negara lain. Kapan lagi coba bisa merasakan yang beginian?

Bahasa Baru
Ini juga jadi salah satu keluarbiasaan buat kuliah di Jepang. Kalau dapat kuliahnya di Singapura atau Malaysia atau Amerika atau Inggris, ujung-ujungnya juga masih pakai bahasa Inggris kan? Tapi kalau ke Jepang, gimanapun ceritanya harus bisa bahasa Jepang buat kuliah. Nah, di zaman globalisasi ini, eugh serasa ngetik tugas PKn, di zaman globalisasi ini, bahasa punya peran penting. Makin banyak bahasa yang kita kuasai jelas jadi lebih bagus. Ini juga salah satu alasan utama saya pas ditanyain kenapa ikut Monbukagakusho waktu tes wawancara.

Dapat Uang Saku
Mahasiwa yang dapat beasiswa dibayar untuk kuliah dengan baik. Pemerintah Jepang ngasih duit setiap bulannya sama penerima beasiswa Monbukagakusho yang jumlahnya cukup, 120.000 yen per bulannya. Asal gak makan sushi setiap pagi, siang dan malam, dan gak ke Shibuya tiap hari, duitnya pasti cukup kok.

Tanpa Ikatan
Cuma karena dapat beasiswa ini, gak berarti penerima beasiswa nanti harus kerja untuk pemerintah Jepang. Gak ada ikatan sama sekali. Mau kerja di Jepang, mau pulang, mau gak kerja, mau tidur, bebas kok.

Nah, kalau sekarang udah tertarik dan mau tahu detil-detil soal pendaftaran, bisa cek ke sini dan kalau rajin udah bisa mulai coba-coba ngerjain soal-soal tesnya:
http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html
Kalau belum ngerasa yakin, buka aja juga link barusan, mana tahu jadi lebih jelas. Bisa cek juga post-post saya sebelumnya atau blog-blog penerima beasiswa lainnya yang link-nya ada di sini:
http://haisayaifan.blogspot.jp/search/label/Monbukagakusho
http://zahr-atul.blogspot.jp/2014/04/fellow-mext-scholars-blogs.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar