Jumat, 18 April 2014

Tokyo University of Foreign Studies: Dorm Room

Kali ini saya mau ngenalin tempat tinggal saya di Jepang selama satu tahun ke depan. Mungkin sebelumnya udah pernah saya jelasin, tapi saya jelasin ajalah lagi. Saya tinggal di universitas gitu, namanya Tokyo University of Foreign Studies (TUFS). Tapi saya belajarnya bukan di kuliah kampusnya, saya belajarnya di Japanese Language Center yang diperuntukkan buat mahasiswa-mahasiswa internasional. Saya tinggalnya di areal kampus juga, di International Hall Residences 1. Setelah masuk ke dalam kamar, kelihatannya kayak gini,


Rapi kan? Rapi kan? Rapi lah ya. Fasilitas di tiap kamar itu betul-betul lengkap, dari mulai mini kitchen beserta kulkas. 

 
Foto sebelah kiri itu dua minggu lalu, yang sebelah kanannya barusan aja. Meja sama lemarinya juga banyak dikasih, tapi lemarinya gak ada pintunya, jadi terbuka gitu semuanya. Di samping rak buku itu ada papan buat nempel-nempel. 

Di bawah saya jadiin tempat nyimpan baju


Kamar mandinya juga gak kalah mantap, terus di tiap kamar dikasih heater buat air panas. Jadi kalau mau mandi pakai air panas, nyalain heater dulu beberapa jam, nanti baru dipake. Menurut petuah salah satu senior, karena listrik di Jepang lebih mahal kalau siang-siang, kami disuruh ngidupin heater dari jam 11 malam sampe 7 pagi (kalau mau), dua hari atau tiga hari sekali. Listrik di sini memang kejam, kemarin tagihan listrik buat April baru datang dan saya kena 2.000 yen lebih buat listrik dua minggu.


Ini kasurnya, di atasnya ada AC-nya

Dan terakhir, di setiap kamar ada balkonnya. Biasanya dipakai buat jemur pakaian. Tapi kalau malas jemur baju juga gak papa sih, soalnya ada pengering baju pake koin yang harganya 100 yen buat 30 menit ngeringin baju. Mesin cucinya juga mesin cuci pake koin.


Yah gitu lah kamar asrama saya di sini. Bagus kan? Lebih bagus dari kos-kosan kan? Makanya, ayo ikut Monbu!

6 komentar:

  1. Haha iye deh yang kamarnya rapih!!
    Lu pamer banget sih kaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Uhuk uhuk UHUK UHUK UHUK
      Oh iya, pancimu dipinjam brendan sebentar

      Hapus
  2. kereeenn! kurang tambahin foto-foto tapi di papan nempel2nya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah di album fotonya syar, sayang kalo dicopotin

      Hapus
  3. pasti sabunnya pake lifebuoy, shamponya pake head n shoulder..

    BalasHapus